021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
04/05/2024

Simaan Al-Quran 5 Juz Tradisi Generasi Pemberani

Prestasi

Salah satu dari sekian siswa-siswi MI Mumtaza kembali menunjukkan prestasi dan keberaniannya di bidang tahfizh Quran, adalah Nadya Safira, siswi kelas enam Ibnu Sina yang hari ini (Sabtu, 04/05/2024) berhasil melakukan pembacaan Alqur'an bil Ghoib 5 Juz dalam sekali duduk.

Dengan disimak langsung oleh dua guru tahfizh yaitu Mr. Wildan dan Mr. Riki, ia mampu membacakannya dengan lancar meskipun tentunya ada beberapa koreksi bacaan, namun ia berhasil menyelesaikan target bacaannya dengan sangat baik. 

Menurut Mr. Riki, Nadya memiliki hafalan yang bagus terutama di juz 30. Ia berpesan kepada Nadya untuk menjaga dan memperbaiki hafalannya agar sebagus juz 30. 

"Dipertahankan hafalannya dan juz lainnya harus sering dibaca, agar juz lainnya tidak jealous (cemburu)," beliau menambahkan. 

Ibunda Nadya, Ari Novianti menceritakan perjuangan putrinya hingga mampu melakukan hal tersebut, ia menjelaskan bahwa putrinya secara rutin melakukan murojaah hafalan setiap hari menjelang tidur, disamping setiap harinya juga telah dibiasakan belajar dengan rutin selepas maghrib sejak ia memasuki usia pra sekolah. 

Pada sesi simaan kali ini, turut hadir Bapak Kepala Madrasah Mr. Ali Wiyoto, Wakil Kepala Bagian Kesiswaan Mr. Royani dan Wakil Kepala Bagian Kurikulum Mr. Mustolihudin. Serta kedua orangtua Nadya dan teman-teman sekelasnya yang hadir sejak pagi.

Nadya membacakan Alquran dengan tartil diawali dari surat alfatihah dilanjutkan dengan Juz 1 surat al-Baqarah, kemudian Juz 2,lalu Juz 3 hingga diakhiri dengan pembacaan Juz 4 sampai pertangahan surat an-nisa. Disambung juz 30 sampai surat An-Naas, hingga tiba-tiba tepuk tangan pecah dari para penyimak sambil menggumamkan rasa syukur saat Nadya selesai membacakan surat An-Naas.

Secara rutin, simaan Alquran di MI Mumtaza diadakan setiap hari Senin, Rabu dan Jum'at yang bertempat di ruang studio musik sekolah. Terdapat dua atau tiga siswa yang setiap harinya melakukan simaan untuk satu juz Al-qur'an, dengan tambahan alokasi waktu khusus diluar jadwal diatas yaitu pada hari sabtu untuk sesi simaan 5 juz yang dilakukan sejak pagi hari, seperti pada hari ini.

 

---------------------------------------------------

Penulis : Jaja S.

Penyunting : Ahmad M.

 

Populer