021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
28/05/2024

Sepekan Bermain dan Belajar Ke Yogyakarta

Kegiatan

MI Mumtaza Islamic School baru-baru ini melaksanakan Final Project ke Yogyakarta (12-16 Mei 2024). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun khusus untuk kelas enam yang akan segera lulus. 

Menurut ketua pelaksana Laila Fajriah yang biasa disapa Ms. Aila, Final project bukan hanya ajang jalan-jalan tetapi wadah mengaktualisasikan nilai-nilai (core values) Mumtaza, yakni Religious, Respectful, Excellent bagi para siswa. 

Nilai Religious diaktualisasikan dengan kunjungan ke pesantren, siswa diajak melihat dan merasakan langsung suasana pesantren dan bercengkrama dengan para santri. Siswa juga diajarkan tetap ingat shalat dan mengerjakannya walaupun sedang dalam perjalanan jauh, dengan menjamak dan mengqasharnya . 

Nilai Respectful ditanamkan kepada siswa melalui aneka kegiatan yang banyak melibatkan interaksi antar siswa baik secara personal maupun komunal agar terjalin ikatan yang kuat diantara sesama mereka maupun kepada guru dan pembimbing.  

Kemudian nilai excellent, lanjutnya. Tercermin dari edukasi budaya dan sejarah yang siswa ikuti, dimana selama perjalanan ini, mereka telah dijadwalkan untuk mengunjungi beragam tempat dan situs budaya dan sejarah, karena mereka juga sudah ditugaskan untuk mengisi jurnal yang telah disiapkan.

Secara garis besar, kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi setiap siswa. Ia mengucapkan terima kasih kepada para siswa yang telah bekerja sama dan disiplin selama mengikuti kegiatan ini.

Kegiatan Final Project ini berlangsung selama sepekan dari tanggal 12 hingga 18 Mei 2024, yang sebagian besar diisi dengan mengunjungi destinasi wisata dan tempat penting di Yogyakarta, diantaranya:

1. Desa Wisata Pulesari Yogyakarta (Jadesta). Disini para siswa melakukan kegiatan susur sungai sepanjang 800 meter dan menaklukkan berbagai rintangan didalamnya. 
2. Pondok Pesantren Sunan Pandanaran. Siswa diajak melihat dan merasakan langsung kegiatan di pesantren sekaligus melakukan ziarah kubur para ulama disana. 
3. Jeep Lava Tour Merapi. Pada destinasi ini, siswa berwisata mengelilingi area Gunung Merapi mengggunakan mobil jeep. 
4. Candi Prambanan. Siswa berkeliling dan mempelajari sejarah dan keunikan Candi Prambanan. 
5. Ramayana Ballet Prambanan. Disini mereka menyaksikan pertunjukan drama Ramayana dan Rahwana yang epic dengan pencahayaan yang memanjakan  mata. 
6. Kampung Batik Giriliyo. Mereka belajar membuat batik pada media kain selampai.
7. Glamping Kaliurang. Siswa bersama guru pendamping menikmati malam terakhir di kota ini dalam sebuah acara penutupan dan muhasabah yang sakral namun berkesan bagi setiap peserta.

---------------------------------------------------

Penulis : Jaja S.

Penyunting : Ahmad M.

Populer