021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
28/11/2023

Pengalaman Berkesan Pada Persami MI Mumtaza 2023

Kegiatan

Dua hari ini, Sabtu dan Minggu (25-26 November) menjadi hari yang bermakna bagi para siswa kelas empat dan lima MI Mumtaza Islamic School. Pasalnya mereka sukses mengikuti kegiatan Perkemahan Sabtu - Minggu (Persami) di Inagro Camping Ground, Kabupaten Bogor. Sempat diwarnai hujan lebat, namun kegiatan Persami tersebut berjalan dengan lancar. 

Para peserta terlihat antusias mengikuti Persami dari mulai keberangkatan sampai penutupan acara. Canda tawa dan juga sedih mengiringi setiap kegiatan. Ada kalanya para peserta sedih dan merasa capai karena padatnya jadwal, namun mereka juga dapat tertawa riang di sela-sela acara. Pengalaman dua hari selama berkemah akan selalu berkesan di hati mereka. 

Kepala Madrasah sekaligus Kak Mabigus MI Mumtaza, Ali Wiyoto, M.E, M.Pd atau Kak Alwi berharap kegiatan Persami ini dapat meningkatkan kedisiplinan seluruh peserta persami, karena tentunya mereka akan mendapatkan pengawalan penuh selama dua hari tersebut agar selalu dapat menjalankan kedisiplinan dan juga memiliki tanggung jawab yang tinggi.

Pada kegiatan tersebut, Kakak-kakak Pembina Pramuka yang juga bertindak sebagai panitia, menggunakan penerapan sistem poin kedisiplinan. Bila ada salah seorang siswa dari sebuah regu yang tidak disiplin mengikuti aturan yang berlaku maka poin regu tersebut akan dikurangi. Ada banyak aspek yang dinilai dalam kegiatan Persami ini, mulai dari disiplin waktu, kerapian pakaian, kebersihan dan kerapian tenda, juga keaktifan dalam kegiatan serta beberapa hal yang terkait dengan kepramukaan lainnya. 

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 220 siswa laki-laki dan perempuan. Mereka terbagi menjadi puluhan regu yang menempati 52 tenda berbeda.  Sejak awal keberangkatan, mental dan fisik mereka telah diuji dengan mengendarai truk yang panas dan berdesak desakan, tidak ada Air Conditioner (AC) serta tempat duduk yang nyaman selama perjalanan ke bumi perkemahan. 

Ketua pelaksana Persami kali ini, Kak Aisyah Henri mengatakan, ada empat tujuan yang diharapkan dari kegiatan Persami tersebut, yakni kedisiplinan, tanggung jawab, kreatifitas dan akhlak. Peserta didik diharapkan membawa pengalaman baik selama persami dan terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Khusus akhlak, Kak Aisyah mengatakan selama di perkemahan para peserta dilatih dengan tegas bagaimana cara bersikap kepada teman, bagaimana cara menghormati yang lebih tua maupun orang tua dan juga sikap yang baik kepada guru maupun pembina. 

Sebagai penutup, ia mengatakan bahwa acara persami tersebut berjalan sukses, walaupun masih ada kekurangan pada beberapa hal. Harapannya Persami ini menjadi acuan untuk kegaiatan pramuka MI Mumtaza di masa mendatang. 
 

 

--------------------------------------------------

Penulis : Jaja S.

Penyunting : Ahmad M.

Populer