021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
21/05/2024

Para Siswa Mumtaza Mendadak Bekerja di Pacific Place

Kegiatan

Terdapat pemandangan yang tidak biasa pada Senin (13/5) pagi di Kidzania, ratusan anak berseragam biru memadati arena bermain Kidzania Pacific Place Mall Jakarta. Rombongan tersebut berasal dari Madrasah Ibtidaiyyah (MI) Mumtaza Islamic School yang sedang melaksanakan Big Field Trip (BFT) 2024. 

Total 587 siswa dari level 1 sampai 5 mengikuti acara tersebut. Para siswa tampak antusias mengunjungi berbagai wahana yang ada di sana. Wahana-wahana profesi di Kidzania menjadi daya tarik yang berbeda dari wahana bermain anak pada umumnya. Sebab anak-anak bisa memilih untuk memainkan peran  profesi apa saja, mulai dari dokter gigi, pemadam kebakaran, polisi, pilot, dokter, pembuat kue, perawat bayi, aktor, mekanik, apoteker, entertainer, investigator, pembersih kaca, operator BBM dan sebagainya. 

Menurut Ketua Panitia BFT kali ini, Epip Yuhopipa, M.Pd atau biasa dipanggil Ms. Epip, dipilihnya Kidzania sebagai tujuan BFT supaya anak didik bisa merasakan berbagai profesi yang ada di sekitar siswa. Melalui simulasi praktik kerja langsung di lapangan. 

"Hal ini sesuai dengan prinsip merdeka belajar dimana semua based on project," ungkapnya.

Menariknya, siswa-siswi MI Mumtaza dapat merasakan pengalaman bekerja dan menghasilkan uang (uang kidzania) Misalnya bekerja membuat mie, membuat teh botol, membuat roti, membuat coklat, membuat yakult dan lain sebagainya. Setelah selesai melakukan serangkaian pekerjaan mereka diberi beberapa uang kidzania sebagai gaji atas peran pekerjaan yang sudah mereka lakukan.

Disana mereka juga dapat menggunakan uang hasil kerja tersebut  untuk membayar dan menikmati beragam permainan maupun wahana seperti mobil balap, menaiki bis dan taksi  serta berbagai wahana lainnya.  

Dalam sejarahnya, Kidzania yang juga disebut sebagai "kota anak-anak" pertama kali didirikan di Santa Fe, Mexico pada 1 September 1999. Pada masa awal pembukaannya, Kidzania mendapat sambutan luar biasa dari anak-anak dan terus berkembang hingga dibukalah cabang Kidzania di berbagai negara sampai di Indonesia.

---------------------------------------------------

Penulis : Jaja S.

Penyunting : Ahmad M.

Populer