021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
14/10/2023

Menikmati Keajaiban Ilmu Pengetahuan Pada Science Camp MI Mumtaza 2023

Kegiatan

Science Camp, kegiatan kemah yang diisi dengan berbagai aktifitas yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan (science) yang biasanya berlangsung selama beberapa hari. Kali ini untuk pertama kalinya digelar di MI Mumtaza pada Sabtu-Minggu, 7-9 Oktober 2023.

Dalam kegiatan ini, ditampilkan berbagai hal baru bagi para siswa tentang aktifitas yang berhubungan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan (science) dalam kehidupan sehari-hari, diantaranya : pemanfaatan bioteknologi dalam prose pembuatan yoghurt, pengamatan astronomi melalui teleskop, membuat roket air, dan melakukan proses daur ulang barang sudah terpakai untuk dijadikan mainan dengan menggunakan prinsip-prinsip science serta berbagai demo science lainnya

Kegiatan ekstrakurikuler perdana ini ternyata disambut dengan sangat antusias baik oleh peserta didik maupun wali siswa MI Mumtaza 

Ketua Panitia Science Camp Mr. Seno Wahyudi mengatakan hanya dalam waktu beberapa jam saja kuota pendaftaran langsung penuh. "Kurang dari tiga jam setelah saya menyebarkan undangan peserta langsung terkempul seratus lebih, melebihi target yang kita buat diawal". ucap Seno kepada Penulis. 

Seno menjelaskan, awalnya science camp hanya untuk anggota klub saja yang berjumlah 20 siswa. Namun kemudian jumlah peserta ditambah dan akhirnya ditargetkan untuk 100 siswa campuran dari kelas 3-6. Luar biasanya hanya dalam waktu kurang dari 3 jam terkumpul peserta sebanyak 119 siswa. "Sosialisasi jam lima sore, jam tujuh malam kita sudah tutup pendaftaran," tuturnya.

Menurutnya, rasa penasaran siswa dan keingintahuan yang besar terhadap science menjadi faktor utama mengapa siswa berbondong-bondong untuk segera mendaftarkan diri dan mengikuti kegiatan ini. Bahkan ada beberapa orang tua siswa yang protes karena pendaftaran sudah ditutup dengan cepat, sementara anak-anaknya ingin sekali ikut science camp. 

Semua sajian dan kegiatan pada even ini dipandu oleh tutor yang berpengalaman serta didampingi oleh guru bidang science yang menemani setiap proses belajar mengajar mereka selama ini. Selain mendekatkan dan mengenalkan science dalam kehidupan sehari-hari kepada siswa, science camp juga melatih kemandirian dan kerjasama antar sesama mereka, sehingga science yang dianggap sulit dan penuh hitung-hitungan, dapat dipelajari dengan lebih menyenangkan.

"Sience is fun," tutur ketua panitia science camp 2023 Mr. Seno Wahyudi. Dia menjelaskan kegiatan science camp berupaya lebih mendekatkan science kepada peserta didik dan berupaya menghilangkan stereotip bahwa science sulit, namun sebaliknya science menyenangkan. 

Seno berharap dari kegiatan ini suatu saat akan muncul sosok saintis yang memiliki rasa ingin tahu dan kreatifitas yang tinggi dalam setiap penelitiannya, serta dapat mengharumkan nama bangsa.

 

 

Penulis        : Jaja S.
Penyunting : Ahmad M.

Populer