021-74704241
Mumtazamail@gmail.com
Pondok Cabe, Pamulang - Tangerang Selatan
blog-img
04/04/2024

Mabit Ramadan Pengalaman Baru yang Seru Buat Siswa

Kegiatan

MI Mumtaza Islamic School kembali mengisi Ramadhan tahun ini  dengan beragam kegiatan yang seru dan bermanfaat bagi para siswanya, salah satunya adalah Mabit (menginap) selama satu hari satu malam di sekolah, yang mana merupakan kegiatan yang pertama kali diadakan oleh sekolah ini sebagai sarana pendidikan untuk siswa kelas 6. Mabit ini jadi salah satu agenda dalam kegiatan Sanlat  Ramadan MI Mumtaza Islamic School 1445 Hijriah. 

Mabit menurut beberapa sumber adalah sarana tarbiyah untuk membina ruhaniyah, melembutkan hati dan membersihkan jiwa serta membiasakan fisik untuk beribadah (khususnya shalat tahajud, dzikir, tadabbur dan tafakkur).

Ketua pelaksana Sanlat Ramadhan tahun ini, Ustadzah Tety Juwariyah atau biasa disapa dengan panggilan Ms. Tety mengatakan, Mabit bertujuan untuk melatih kebiasaan beribadah, agar kualitas dan kuantitas ibadah para siswa menjadi lebih meningkat dalam kehidupan sehari-hari.

Para siswa dilatih praktik wudlu dan shalat yang benar sesuai tuntunan syariat. Selain itu siswa juga dilatih bangun malam untuk shalat tahajud dan sebagainya. "Mudah-mudahan menjadi karakter buat mereka dan melekat hingga mereka dewasa," ungkapnya. 

Pada permulaan mabit, siswa kelas 6 mengikuti serangkaian kegiatan mulai dari seminar kesehatan remaja, membuat kerajinan ketupat, tadarus sore dan dilanjutkan dengan buka bersama. Kemudian di malam harinya, siswa mengikuti shalat terawih dan mendengarkan kultum yang disampaikan langsung oleh Kepala Madrasah, Mr. Alwi. Selanjutnya para siswa mengikuti kegiatan malam yang dipimpin oleh Mr. Arif dan hiburan musik religi dari Mr. Nurmawan, Mr. Romi dan Mr. Farhan. 

Salah satu peserta kegiatan ini, Janneta Abrila Afiqoh yang disapa Abril, siswi kelas Ibnu Sina mengungkapkan kebahagiaannya dapat mengikuti mabit kali ini. Baginya kegiatan ini merupakan hal baru yang seru dan dapat menambah pengalaman.

------------------------------------

Penulis: Jaja s.

Penyunting : Ahmad M.

Populer